Selasa, 11 Oktober 2016

Rangkaian Pengendali Motor Listrik 3 Fasa Dengan Dua Kecepatan dan Dua Arah Putaran (Lilitan Dahlander)



www.gudanginfokelistrikan.blogspot.com


Penjelasan
Jika tombol S1 ditekan, kontaktor K1 bekerja dan mengunci. Motor listrik akan beroperasi dengan putaran rendah pada arah kanan. Dengan menekan tombol S02, kontaktor K2 bekerja dan mengunci sendiri, motor listrik akan beroperasi dengan putaran rendah pada arah kiri.
Dengan menekan tombol S03 saat motor listrik sedang berhenti, maka kontaktor K3 bekerja dan mengunci sendiri. Melalui kontak NO K3, kontaktor K5 akan bekerja. Motor listrik berputar dengan kecepatan tinggi pada arah kanan. Dengan menekan tombol S04, kontaktor K4 akan bekerja dan mengunci sendiri. Kontak K4 mengaktifkan kontak K5. Motor listrik berputar dengan putaran tinggi arah kiri.
Dengan sistem kontaktor pengatur putaran dan kontaktor pengatur kecepatan yang saling mengunci, maka pengubahan kecepatan dan pengubahan arah putaran secara langsung tidak memungkinkan.
Dengan menggerakkan tombol S01, maka semua kontaktor yang sedang bekerja dapat diputuskan. Demikian juga dengan rele arus lebih F8 atau F9, dapat membebaskan semua kontaktor kalau salah satunya bekerja.