Senin, 10 Oktober 2016

Rangkaian Pengendali Balik Putaran Motor Listrik 3 Fasa Yang Dilengkapi Dengan Saklar Batas (Limit Switch)




www.gudanginfokelistrikan.blogspot.com


Penjelasan
Pada posisi mula-mula, keadaan instalasi seperti berikut, saklar batas (limit switch) S5 dalam posisi tertekan atau kontak posisi terbuka. Kontaktor K2 tidak dapat dihubungkan. Jika tombol S1 ditekan, maka kontaktor K1 bekerja dan mengunci sendiri. Motor listrik akan terhubung searah jarum jam “putar kanan” jika saklar batas S4 ditekan, maka kontaktor K! Terputus dan motor listrik juga terlepas. Dengan kontak saklar limit switch S5 posisi terhubung (menutup), maka kontaktor K2 dapat dihubungkan dengan jalan menekan S2.


Kontaktor K2 menghubungkan motor listrik untuk putaran kiri. Jika limit switch S5 tertabrak (tertekan), maka kontaktor K2 terputus dan motor listrik juga terlepas. Jika pada saat motor listrik sedang beroperasi, tombol tekan S01 ditekan, maka semua kontaktor yang terhubung akan terputus dan motor listrik akan berhenti (terlepas). Jika motor listrik dihentikan melalui penekanan S01, maka motor listrik dapat dioperasikan pada semua putaran (kiri dan kanan) melalui penekanan S atau S2.
Untuk menghindar terjadinya kontaktor K1 dan K2 bekerja secara bersama-sama, telah dipasang kontak NC pada masing-masing lilitan K1 dan K2 sebagai pengunci masing-masing.