Selasa, 11 Oktober 2016

Rangkaian Pengendali Motor Listrik 3 Fasa Dengan Dua Kecepatan dan Dua Arah Putaran (Lilitan Dahlander) pengubahan Putaran Langsung Dari Rendah Ke Tinggi Pada Arah Putaran Yang Sama




www.gudanginfokelistrikan.blogspot.com


Penjelasan
Jika tombol S1 ditekan, kontaktor K1 bekerja dan mengunci sendiri. Motor listrik beroperasi dengan kecepatan rendah pada arah putar kanan. Demikian juga dengan kecepatan rendah pada arah putaran motor listrik kiri. Jika pada saat motor listrik sedang berhenti (mati) dan tombol S1 ditekan, maka kontaktor K3 bekerja dan mengunci sendiri. Kontaktor K3 akan mengaktifkan kontaktor K5, dengan demikian  motor listrik beroperasi dengan kecepatan tinggi pada arah putaran kanan. Dengan cara yang sama menekan S5, kontaktor K4 dan K5 bekerja dan menjalankan motor listrik dengan putaran tinggi pada arah putaran kiri.
Pada saat motor listrik sedang berputar dengan putaran rendah. Kemudian kalau tombol S4 atau S5 ditekan, maka kontaktor K1 atau K2 akan terputus, sedang kontaktor penghubung untuk putaran tinggi akan bekerja. Dengan cara ini, dimungkinkan pengubahan putaran dari putaran tinggi akan bekerja. Dengan cara ini, tetapi hanya mengunci secara elektris. Dengan menekan S0 atau dengan bekerjanya rele arus lebih, semua kontaktor yang sedang bekerja dapat terlepas.